Belajar Bela Diri, Santri Putri Darul Mukhlashin Rutin Latihan Pagar Nusa
Belajar Bela Diri, Santri Putri Darul Mukhlashin Rutin Latihan Pagar Nusa

nuprobolinggo.or.id -Hari Minggu menjadi hari bahagia santri putri Darul Mukhlashin. Selain semua kegiatan Formal dan Nonformal diliburkan, Minggu dimanfaatkan santriwati untuk berlatih bela diri.

Umumnya, pagar nusa di Pondok Pesantren Darul Mukhlashin ini masih tergolong dini. Baru sekitar 6 bulan kegiatan ini berlangsung secara rutin tiap hari Minggu.

Pengasuh pondok pesantren Darul Mukhlashin, Gus Khusnu Milad mengatakan bahwa latihan bela diri ini sangat penting di implementasikan kepada semua santri.

“Bela Diri itu penting, Bukan sekedar olahraga namun juga untuk menjaga diri,” kata Gus Milad sapaan akrab pengasuh pondok pesantren Darul Mukhlashin.

Selain itu, Abdul Karim selaku pembina pagar Nusa sekaligus ketua Ansor PAC Tegalsiwalan mengatakan "Dengan mengikuti Pagar Nusa, bisa menambah ilmu atau wawasan keagamaan. Paling penting santriwan dan santriwati akan dibina akhlak yang baik oleh para pelatih yang sudah memenuhi standard,” Katanya saat ditemui NU Online Jatim. Ahad (26/06/2022).

Abdul Karim juga bercerita, bahwa awal mula adanya Pencak Silat di Pondok Pesantren Darul Mukhlashin ini adalah instruksi dari Pengasuh yakni Gus Khusnu Milad untuk memberikan ekstrakurikuler Pagar Nusa kepada semua santri.

Pelatihan bela diri ini rutin digelar setiap hari Minggu di Pondok Pesantren Putri Darul Mukhlashin. Setiap jam 08.00-10.00 WIB.