Banser Kabupaten Probolinggo Bentengi Kader dengan Semangat Nahdlatut Tujjar
Banser Kabupaten Probolinggo Bentengi Kader dengan Semangat Nahdlatut Tujjar

Keterangan Gambar : Sejumlah sahabat Banser Kabupaten Probolinggo menunjukkan nomor induk berusaha yang dimiliki (Ferry Zakin)

nuprobolinggo.or.id -LUMBANG- Rapat Kerja 1 Satuan Koordinasi (Satkorcab) Barisan Serba Guna (Banser) Kabupaten Probolinggo, Jumat (26/11/2021) mengangkat tema Gerakan Nahdlatut Tujjar.

Nahdlatut Tujjar yang berarti kebangkitan para pedagang, merupakan organisasi yang menjadi cikal bakal Nahdlatul Ulama (NU). Organisasi ini didirikan KH. Wahab Chasbullah pada 1918.

Pilihan tema itu menegaskan urgensi ketahanan ekonomi Ansor Banser Kabupaten Probolinggo di tengah himpitan pandemi, yang memaksa setiap orang untuk inovatif dalam dunia usaha.

Ketua PC Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Probolinggo, Misbahul Munir, menghadiri langsung acara yang berlangsung di Green Corner Coffee, Lumbang itu.

Diketahui, Green Corner Coffe merupakan usaha yang dikelola Hartono. Salah satu kader Banser yang jadi representasi kader dengan semangat dalam entrepreneur atau kewirausahaan.

Dalam raker, Munir mengatakan tidak ada istilah teman dalam berbisnis. Maksudnya ada embel-embel harga teman atau karena teman, sehingga bisa dihutang.

"Semangat khidmah di Ansor juga perlu diimbangi dengan usaha nyata untuk menopang keberlangsungan hidup para kader," katanya.

Maka yang menjadi fokus utama Banser Kabupaten Probolinggo adalah Gerakan Nahdhatut Tujjar. Yaitu menanamkan entrepreneurship sejak dini kepada mereka.

Sementara itu Kepala Satkorcab Banser Kabupaten Probolinggo, Adhimas mengatakan, hal pertama yang bisa dilakukan adalah identifikasi usaha yang digeluti kader, atau sudah memiliki usaha untuk didampingi pengurusan legalitas perijinan usahanya.

Sejumlah kader Banser Probolinggo telah terjun ke dunia wirausaha, yang dibuktikan dengan kepemilikan nomor induk berusaha (NIB).

Yaitu identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) setelah pelaku usaha melakukan pendaftaran melalui Online Single Submission (OSS).

Raker 1 Satkorcab Banser dengan tema Gerakan Nahdlatut Tujjar tersebut, sangat antusias diikuti oleh kader Banser (Ferry Zakin)